1491: New Revelations of the Americas Before Columbus

1491: New Revelations of the Americas Before Columbus

PPKn bantu jawab!!

Soal PPKn kls 9​

bantu jawab!!

Soal PPKn kls 9​ Jawaban:
4. Alasan pertahanan negara tidak diotonomikan kepada pemerintahan karena pertahanan negara merupakan urusan dari pemerintah pusat. Jika setiap daerah diberikan otonomi untuk mengatur sistem pertahanan negara, dikhawatirkan akan banyak sekali organisasi dalam bidang pertahanan.Alasan pertahanan negara tidak diotonomikan kepada pemerintahan karena pertahanan negara merupakan urusan dari pemerintah pusat. Jika setiap daerah diberikan otonomi untuk mengatur sistem pertahanan negara, dikhawatirkan akan banyak sekali organisasi dalam bidang pertahanan.

5. Pendidikan Kewarganegaraan termasuk bentuk bela negara karena membentuk bangsa Indonesia menjadi manusia yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air. Pendidikan Kewarganegaraan merupakan mata pelajaran yang memiliki fokus pembelajaran pada pembekalan pengetahuan, pembinaan sikap, perilaku, dan pelatihan keterampilan sebagai warga negara yang demokratis, taat hukum dalam kehidupan bermasyarakat, mengacu pada kompetensi Kewarganegaraan, yaitu:
- pengetahuan kewarganegaraan (civic knowledge);
- keterampilan kewarganegaraan (civic skills);
- watak-watak kewarganegaraan (civic disposition) Pengabdian.

sesuai dengan profesi termasuk bentuk bela negara karena merupakan pengabdian yang dapat dilakukan oleh semua warga negara yang sesuai dengan profesi dan kemampuan yang dimilikinya yang dilandasi kesadaran akan cinta tanah air serta semangat rela berkorban untuk kepentingan dan kemajuan bangsa termasuk dalam menanggulangi dan atau memperkecil akibat yang ditimbulkan oleh perang, bencana alam, dan bencana lainnya.

6. *contoh perwujudan bela negara dalam bidang politik:
1.ikut memilih dalam pemilihan umum
2.menjadi anggota aktif dalam partai politik,kelompok penekan,maupun kepentingan tertentu.
3.duduk dalam lembaga politik seperti MPR,presiden,DPR,menteri dan sebagainya.

*contoh perwujudan bela negara dalam bidang ekonomi:
1.tidak menjadi anggota koprasi
2.tidak melakukan kecurangan dalam perekonomian
3.membayar pajak dan retribusi yg telah di terapkan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah (PEMDA).

Semoga bermanfaat dan jadikan aku yang tercerdas ( ꈍᴗꈍ) [answer.2.content]